Outliers Analysis

Metode 1 : Respect to the locations and type of purchase, or the purchase frequency

Pada metode ini kita akan mengambil contoh pembelian Tablet PC pada beberapa kota

Kota A : pada kota A, pembelian Tablet PC mencapai 100-150 unit/bulan,
dan kota ini berpenduduk yang rata2 bekerja sebagai pengusaha, dan kota ini merupakan kota metropoltan

Kota B : pada kota ini, pembelian Tablet PC mencapai 50-70 Unit/bulan, dan kota ini
mempunyai penduduk yang rata2 bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. dan kota B ini Sudah tergolong maju

Kota C : Pada kota ini, pembelian Tablet PC berkisar 5-10 unit/bulan dimana penduduk dari
kota ini didominsai oleh Golongan menengah kebawah. dan kota ini dapat digolongkan kota
berkembang.

dari informasi penjualan Tablet pc diatas dapat kita simpulkan bahwa

Pembelian Tablet PC pada tiap bulannya adalah :

Kota Metropolitan>=100 unit

Kota Maju >=50 unit

kota berkembang <10 unit

Dengan demikian pihak distributor dapat tau kota mana yang harus mendapatkan pasokan Tablet PC yang harus di prioritaskan

Metode 2 : Detecting Unusually purchase

Untuk metode ini saya akan mengambil contoh data frekuensi pemanggilan taksi pada sebuah kota pada tahun 2011

Pada bulan Januari-Maret : frekuensi pemanggilan taksi mencapai 10% dan pada tiap tahunnya
selalu menunjuk pada angka 20%

Pada bulan April-Juni : frekuensi pemanggilan taksi mencapai 7%

Pada bulan Juli-September : Pada bualn ini pemanggilan taksi untuk pengantaran mengalami
peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 70% ini dikarenakan adanya hari raya di bulan september

Pada bulan oktober-desember : pada bulan ini terjadi kenaikan dari triwulan sebelumnya sebanyak
10% sehingga menjadi 80% ini dikarenakan adanya perayaan tahun baru.

Dari data diatas, pihak perusahaan taksi dapat mengetahui pada bulan berapa saja dia harus menyiapkan tambahan
supir untuk taksinya agar bisa melayani pelanggannya dengan baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: